Anda Suka Makan Apel? Mari Mengulik Deskripsi Lengkap Dari Apel Fuji

Apel Fuji - TaniHub Insight
source gambar : tanihub.com

Apel Fuji ada sejak tahun 1962. Riset untuk menghasilkan varian apel Fuji dilakukan sejak tahun 1930an. Apel Fuji adalah hasil persilangan varian apel Amerika yang terkenal “Red Delicious” dan varian unik “Ralls Janet” yang sudah ada sejak abad 18. Apel Fuji asal Jepang ini mendapat warna pink dari varian Ralls Janet. Walaupun Jepang adalah negara penemu apel Fuji tapi sekarang hamper 70% produksinya kini ada di China.

 

Karakteristik Buah

Apel Fuji mulai dikenal di Amerika Serikat sejak tahun 1980-an. Alasan apel Fuji cepat popular karena tingkat Brix-nya yang begitu tinggi. Brix adalah satuan penentu tingkat gula yang terdapat dalam buah. Apel Fuji tersedia hamper sepanjang tahun karena berbuah selama bulan Oktober-Juni.  Karena itu apel Fuji mudah ditemukan dimana-mana dan dapat disimpan lama tanpa harus masuk kulkas.

Karakteristik lainnya dari apel Fuji lainnya adalah kokoh, rendah keasaman, tekstur yang renyah dan taste note rasa madu serta citrus. Berat buah ini sekitar 300 gram, dengan ukuran seragam dan sangat produktif. Dengan bentuk bulat sampai lonjong. Dengan ukuran yang seragam. Apel Fuji punya warna yang khas yaitu warna pink semburat kuning.

Rasa dari buah apel Fuji sangat manis dengan rasa asam sedang, terkandung banyak sari buah dan enak rasanya.Daging buah apel Fuji warnanya putih, keras atau padat dan teksturnya agak kasar.

 

Karakteristik Pohon

Pohon apel Fuji punya ciri-ciri kuat, tipe penampilan pohonnya sedang menyebar. Buahnya banyak yang rontok pada bulan Juni. Dalam setahun pohon apel Fuji menghasilkan buah dua kali. Waktu berbunga sedang dan waktu matang lambat. Pohon apel Fuji perlu waktu 175-190 hari untuk menghasilkan buah yang matang. Pohon apel Fuji mudah terserang oleh black spot dan sedikit sensitif pada Alternaria Leaf Spot dan Internal Bark Necrosis.

Apel Fuji di Jepang setiap tahunnya hanya diproduksi sekitar 900.000 ton. Di China, apel Fuji diproduksi sebanyak hampir 43 juta ton. Apel Fuji di Amerika Serikat menempati urutan ketiga terpopuler sesudah Red Delicious dan Gala. Karena itu apel Fuji juga diproduksi di Amerika Serikat. Apel adalah termasuk buah-buahan khas negeri sub tropis dan disukai di Indonesia, karena itu Indonesia dibanjiri banyak produk apel impor.

Karena kualitas dan produktivitas apel lokal yang kesulitan bersaing dengan apel impor. Selain itu rasa dan penampilan apel Fuji membuat apel Fuji menjadi pesaing yang berat bagi apel varian lainnya.

 

Aplikasi Pada Masakan

Selain dinikmati sebagai buah. Juga cocok untuk menjadi apple sauce, tanpa perlu tambahan gula yang banyak. Yang paling mudah dicoba adalah ditaruh atau disiram pada salad. Karena apel Fuji kulit dan teksturnya kokoh, apel ini tahan saat ditumis atau dipanggang.

Apel Fuji dapat digunakan juga sebagai topping pizza, guiche, dimasak sebagai selau ataupun sup. Dipadankan dengan macam-macam keju atau sebagai isian atau topping pada strudel hing pai.

 

Perbedaan Apel Fuji Dan Apel Malang

Dari warna apel Fuji berwarna merah muda hampir diseluruh permukaan kulitnya dengan semburat warna kuning. Apel Malang berwarna hijau dominan diseluruh permukaan kulitnya dengan semburat warna merah dibeberapa bagian. Sejak diperkenalkan, apel Fuji langsung populer di Jepang, China, Korea dan Amerika Serikat. Ini disebabkan apel Fuji punya rasa yang sangat lezat dan punya kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya.

Apel Malang juga apel terfavorit di Indonesia. Apel Malang awalnya didatangkan pada masa penjajahan oleh Belanda. Tahun 1962 dengan teknik budidaya dan teknologi yang semakin maju. Apel Malang juga berkembang pesat dan mulai dikenal pecinta apel dunia. Karena kulitnya yang sedikit lebih tebal, sebaiknya apel Malang dipotong-potong sebelum dikonsumsi. Dengan kondisi ini apel Malang juga cocok dijadikan masakan atau olahan seperti apple pie atau sup apel.

Untuk manfaat, apel Fuji dan apel Malang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya vitamin C tinggi, flavonoid sebagai antioksidan bagi tubuh, fraktosa baik untuk penderita diabetes.

Itu tadi penjelasan tentang deskripsi lengkap dari apel Fuji. Jika Anda sedang mencari buah apel atau buah-buahan yang lainnya bisa cek TaniHub di laman https://tanihub.com . Di TaniHub selain buah, tersedia juga sayur, sembako, daging, telur, dan bumbu masakan yang diambil dari petani yang ada di Indonesia secara langsung.

You May Also Like

About the Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published.