Tergiur dengan Cicilan 0%? Wajib Tahu 5 Hal Ini Dulu!

Lagi butuh barang yang harganya mahal, tau-tau ada tawaran cicilan 0 persen di merchant. Siapa sih yang nggak tergiur? Bisa hemat, angsuran per bulannya juga murah. 

Eits, sayangnya, cicilan 0% tidak se-wah yang terlihat. Kalau kamu udah tergiur banget mau buru-buru ambil cicilan 0% sebaiknya tahan dulu, ya. 

Sebab, cicilan 0% bisa dibilang tidak datang dengan benar-benar “gratis”. Ada sistematika dan beberapa syarat dan ketentuan dari cicilan 0 persen yang perlu kamu ketahui. Baik itu cicilan 0 persen yang diselenggarakan kartu kredit atau aplikasi kredit seperti Kredivo

Apa aja sistematika dan syarat tersebut? Yuk kita bahas satu per satu. 

 

Cicilan 0 persen bisa didapat dari kartu kredit atau aplikasi kredit

Pada dasarnya, cicilan 0% adalah sebuah skema cicilan yang memungkinkan kamu membeli barang dengan dicicil tanpa bunga sama sekali. Dengan kata lain, kalau kamu beli barang harga Rp 1 juta dengan tenor 3 bulan, maka tiap bulannya kamu hanya perlu membayar Rp333.333 untuk angsurannya. 

Sekarang ini, cicilan 0 persen bukan lagi satu-satunya layanan yang ditawarkan oleh kartu kredit bank aja. Ada juga fintech kredit online seperti Kredivo yang memiliki fitur cicilan 0 persen bagi penggunanya, khusus untuk tenor 1 dan 3 bulan. 

Jadi, kalau kamu tertarik pakai cicilan 0% tapi belum punya kartu kredit tertentu, nggak usah khawatir. Sebagai alternatifnya, kamu bisa daftar fintech kayak Kredivo yang proses pengajuannya lebih mudah dan cepat. Jika disetujui, baru deh kamu bisa mulai pakai cicilan 0% untuk transaksi di merchant rekanan Kredivo seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.id, dan masih banyak lagi. 

 

Biaya admin cicilan 0% berbeda dengan biaya admin cicilan biasa

Meski tanpa bunga, cicilan 0 persen tetap dibebankan biaya admin. Bedanya, biaya admin pada cicilan 0 persen biasanya lebih besar atau memiliki skema yang berbeda dengan cicilan biasanya. 

Salah satu contohnya, kalau pakai Kredivo cicilan 0 persen, skema biaya admin yang dikenakan pada cicilan adalah 1% per bulannya. Misalnya kamu mengambil cicilan 0 persen untuk 1 unit HP seharga Rp 2 juta di Tokopedia dan bayar pakai Kredivo. Maka, kurang lebih cicilannya akan menjadi Rp666.666 ditambah Rp20.000 untuk biaya admin per bulannya. 

Terkait dengan skema biaya admin, pastikan kamu mengetahui informasi ini di awal sebelum mengambil cicilan 0%, ya, baik itu dengan kartu kredit ataupun tanpa kartu kredit. 

 

Jika telat bayar tagihan, bunga akan kembali normal

Salah satu hal terpenting yang wajib kamu ketahui sebelum ambil cicilan 0% adalah pembayarannya yang harus tepat waktu. Sebab, jika terlambat membayar satu kali saja, cicilan akan dikembalikan ke skema cicilan dengan bunga normal. Ditambah, ada bunga denda keterlambatan juga yang perlu kamu bayar. Inilah yang paling membedakan cicilan 0% dengan cicilan biasa. Di mana pada cicilan biasa, jika telat bayar, kamu hanya perlu membayar dendanya. 

 

Jarang ada cashback atau reward points

Bagi penyedia cicilan 0 persen, bunga 0% itu sendiri biasanya sudah dianggap sebagai rewards dan bagian dari promosi. Jadi, jika kamu menggunakan cicilan 0%, umumnya akan jarang menemui promo yang bisa digunakan berbarengan. Kalau mau tetap mendapatkan promo, kamu bisa mencarinya di website atau merchant yang dipilih. 

Di Kredivo, meski menyediakan cicilan 0%, banyak juga promo merchant yang bisa kamu gunakan berbarengan. Dua di antaranya adalah promo potongan 6% s.d Rp 1 juta untuk pembelian gadget dan diskon 6% s.d Rp 750 ribu untuk pembelian keperluan rumah khusus di Tokopedia. 

 

Ada minimum transaksi & verifikasi dari penyedia cicilan

Selain perlu memastikan biaya admin cicilan, kamu juga perlu mengecek minimum transaksi yang harus dilakukan jika ingin menggunakan cicilan 0 persen. Minimum transaksi biasanya menjadi sistem atau poin hitungan dari cicilan 0 persen sesuai kebijakan penyedia cicilan. 

Di Kredivo contohnya, cicilan 0 persen berlaku jika kamu terdaftar sebagai pengguna premium dan melakukan transaksi minimal 500 ribu. Kamu juga bisa memilih tenor, mau bayar dalam 30 hari atau maksimal 3 bulan untuk cicilan 0%. Jika ingin tenor lebih panjang, kamu bisa mengambil cicilan normal Kredivo dengan bunga hanya 2,6% per bulan dan opsi tenor 6/12 bulan. 

Semoga ulasan ini bisa membantu ya untuk kamu yang berencana ambil cicilan 0% dalam waktu dekat!

You May Also Like

About the Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *