Menguasai Pemakaian dan Perlengkapan Oximeter

Cara Bedakan Oxymeter Asli dan Palsu

Perlengkapan pengukur saturasi oksigen darah serta denyut nadi bernama oximeter tiba-tiba terkenal di golongan warga. Ya, semenjak pandemi COVID-19 berlangsung, oximeter jadi perlengkapan yang harus dipunyai seluruh orang. Khusunya penderita isolasi mandiri. Gimana metode kerjanya? Ikuti uraian lengkap di bawah ini.

 

Apa itu oximeter?

 

Oximeter (oksimeter) ataupun disebut pula pulse oximeter merupakan suatu perlengkapan berupa klip yang berperan buat memperkirakan saturasi oksigen darah serta denyut nadi dengan memakai cahaya.

Oximeter membolehkan Kamu buat memperoleh data tersebut tanpa prosedur pengambilan darah. Badan pengawas obat serta makanan Amerika Serikat ataupun Food and Drug Administration mengatakan terdapat 2 jenis pulse oximeter, semacam dipaparkan di bawah ini.

Oximeter formula, maksudnya perlengkapan ini cuma ada dengan formula dokter. Oximeter jenis ini memang sangat sering untuk digunakan di sebuah rumah sakit ataupun sebuah klinik kesehatan. Namun bisa juga diresepkan untuk bisa digunakan di rumah.

Oximeter yang dijual bebas di toko ataupun online shop. Oximeter tipe ini pula ada di sebagian ponsel pintar. Tetapi, perlengkapan ini tidak diizinkan buat tujuan kedokteran.

 

Siapa yang memerlukan oximeter?

Pemakaian oximeter bisa jadi diperlukan kala seseorang tidak mempunyai cukup oksigen di dalam darah. Data dalam oximeter bisa jadi diperlukan dalam bermacam suasana, semacam:

  • Saat ataupun sehabis prosedur pembedahan,
  • Memantau seberapa baik obat buat penyakit paru-paru bekerja,
  • Melihat apakah ventilator dibutuhkan buat menolong respirasi serta melihat apakah perlengkapan itu bekerja dengan baik, dan
  • Mengecek apakah seorang mempunyai permasalahan saat tidur, semacam sleep apnea.

Web Houston Methodist mengatakan kalau oksimeter bisa jadi perlengkapan yang bermanfaat buat seseorang dengan indikasi COVID-19 ringan serta melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

Badan kesehatan dunia (World Health Organization) juga sudah mengharuskan penderita isolasi mandiri buat mempunyai oximeter di rumah. Ini biar mereka dapat senantiasa memantau keadaan badan, walaupun tidak di rumah sakit.

 

Gimana metode memakai oximeter?

Metode memakai oksimeter yang dijual bebas terkategori lumayan gampang, berikut yang butuh dicermati.

  • Kamu cukup menyalakan alatnya, setelah itu menjepitnya di ujung jari.
  • Perlengkapan ini bisa jadi tidak akan menampilkan hasil apapun bila tangan Kamu dingin ataupun Kamu memakai cat kuku ataupun kuku palsu.
  • Kamu perlu menghapus cat kuku ataupun menghilangkan kuku palsu saat sebelum melaksanakan pengecekan mandiri memakai oksimeter.
  • Yakinkan kuku Kamu menghadap ke atas serta diamkan selama beberapa detik.
  • Hasilnya akan langsung nampak dalam hitungan detik.

Sedangkan cara menggunakan oximeter yang ada di rumah sakit ini bisa lakukan beberapa langkah-langkah khusus, seperti yang akan dipaparkan di bagian ini.

  • Oksimeter akan ditempatkan di jari ataupun daun telinga Kamu.
  • Selanjutnya, perlengkapan tersebut bisa jadi akan dibiarkan buat pemantauan berkepanjangan.
  • Oksimeter akan langsung dilepas bila digunakan buat satu kali pengecekan pendek.

Pada penderita COVID- 19 yang isolasi mandiri, dokter bisa jadi menganjurkan Kamu buat mengecek kandungan oksigen sepanjang 2 kali sehari.

Kamu pula butuh mencatat hasil pengecekan mandiri tersebut serta menunjukkannya pada dokter yang menanggulangi Kamu.

You May Also Like

About the Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *