Ini Dia 5 Manfaat Bawang Bombay

Bawang Bombay

Salah satu bumbu masak yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah bawang bombay. Mulai dari menumis daging, membuat martabak, dan masih banyak lagi masakan lainnya yang tak pernah melewatkan bawang bombay ini. Selain bawah putih dan bawah merah, bawang bombay juga menjadi rempah incaran oleh masyarakat, karena selain menjadi penyedap dan membuat masakan menjadi lebih harum, bawang bombay juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita.

Di Indonesia sendiri, bawang bombay sudah bisa ditemukan di mana saja, mulai dari pasar tradisional, supermarket, hingga minimarket. Akan tetapi, kami memiliki tempat rekomendasi untuk anda belanja hasil pertanian yang benar-benar masih fresh, baik buah-buahan, sayuran, bumbu masakan, daging, ikan, dan lain sebagainya. TaniHub adalah salah satu tempat belanja hasil pertanian terbaik dan terlengkap. Di TaniHub, anda bisa mendapatkan semua keperluan rumah tangga dengan kualitas yang sangat baik. Proses pengirimannya pun sangat cepat, jika anda memesan hari ini maka esok hari sudah datang di depan pintu rumah anda.

Saat ini TaniHub sudah dapat menjangkau di banyak Kota di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali. TaniHub juga menyediakan banyak promo bagi para pembelinya loh. Oke, langsung saja kita bahas apa saja manfaat bawang bombay yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Simak sampai akhir ya.

Manfaat Bawang Bombay

1.        Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang bombay dikenal sebagai rempah yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mengapa demikian? Ya, karena bawang bombay memiliki kandungan Polifenol yang berguna sebagai antioksidan, sehingga tubuh akan terlindungi dari radikal bebas.

Selain itu, terdapat juga kandungan Quercetin yang mampu mengurangi reaksi alergi, sehingga tubuh akan berhenti memproduksi histamin. Dengan begitu, bagi anda yang memiliki alergi dengan efek samping gatal-gatal atau bersih dapat sembuh secara perlahan.

2.        Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu bagian organ tubuh manusia yang sangat penting. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya bawang bombay memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung? Bawang bombay memiliki kandungan Kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga kita akan terhindar dari serangan jantung. Ada juga kandungan Quercetin yang bertindak sebagai pembantu Kalium dalam menormalkan tekanan darah.

3.        Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu penyakit pada pencernaan adalah sembelit. Sembelit menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami ambeien. Nah, bawang bombay ini ternyata dapat mengatasi hal tersebut. Ada kandungan Oligofructose yang merupakan jenis serat larut dalam bawang bombay. Serat tersebut sangat bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus.  Dengan begitu, penyakit sembelit atau susah buang air besar pun akan teratasi.

4.        Mencegah Terjadinya Kanker

Bawang bombay memiliki kandungan Allium yang akan bekerja mencegah terjadinya kanker pada tubuh manusia, terutama kanker kolorektal (usus besar) dan kanker perut. Rempah satu ini juga memiliki Organosulfur yang sangat tinggi dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

5.        Menstabilkan Mood

Terdapat satu kandungan dalam bawang bombay yang sangat ampuh untuk mengurangi gejala depresi. Kandungan tersebut adalah Folat, yang juga mampu mencegah darah dan zat gizi mencapai otak secara optimal. Tidak hanya itu, bawang bombay pun memiliki zat kimiawi otak seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin yang dapat mengoptimalkan kerja otak, sehingga suasana hati, nafsu makan, dan siklus tidur pun akan terjaga dengan baik.

You May Also Like

About the Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *