Shin Tae-Yong Ingin Timnas Indonesia U-19 Pertahankan Mental Pantang Menyerah

 

Pertama Kalinya, Shin Tae-yong Singgung Kualitas Lapangan di Kroasia

Secara dramatis Tim sepakbola nasional Indonesia U-19 menahan imbang lawannya Arab Saudi dengan skor 3 – 3, pada Jumat (11/9/2020). Pelatih Shin Tae-Yong menginginkan tetap dipertahankannya mentalitas yang seperti itu. 

Arab Saudi pada laga tersebut dibabak pertama memang sempat unggul dengan skor sepakbola 3 – 0. Tetapi menjelang berakhirnya babak pertama, Irfan Jauhari memperkecil kedudukan menjadi 1 – 3. Gol cetakan Irfan Jauhari tersebut menjadi momentum kebangkitan Timnas U-19. Kemudian Saddam Emiruddin Gaffar pun ikut menorehkan namanya di papan skor serta membuat kedudukan menjadi 2 – 3. Dan terakhir muncul sebagai pahlawan yaitu Braif Fatari yang mencetak gol penyeimbang di injury time. 

Dikutip dari Bolanusantara, Shin Tae-Yong merasa sangat senang dengan perjuangan anak asuhnya tersebut yang tidak pantang menyerah. Pelatih asal Korea Selatan tersebut ingin hal tersebut menjadi titik balik kebangkitan kualitas tim Garuda Muda. 

Shin Tae-Yong dalam video PSSI di Youtube berkata “Babak pertama memang kita kebobolan tiga gol, tapi para pemain tidak menyerah. Mereka terus berjuang sampai menit terakhir, dan akhirnya bisa mencetak tiga gol.”

Ujarnya “Kalau pemain menunjukkan sikap pantang menyerah terus seperti ini, sepakbola Indonesia akan naik satu level. Terima kasih sekali kepada para pemain, karena telah bekerja keras sampai menit akhir.”

Setidaknya hasil imbang tersebut membuat Timnas U-19 menjadi percaya diri untuk menjalani Internasional U-19 Friendly Tournament. Karena sebelumnya Witan Sulaeman dan kawan kawan kalah telak dua kali dari Bulgaria (0 – 3), dan Krosia (1 -7). 

Tetapi laga melawan Arab Saudi bukanlah akhir dari agenda ujicoba Timnas U-19 di Kroasia. Karena Tim Garuda Muda masih akan memainkan tiga laga ujicoba di Krosia melawan Qatar (17 dan 20 September), Bosnia dan Herzegovina (25 September), serta Dinamo Zagreb (28 September). 

Meski memiliki kecukupan waktu luang sebelum menjalani laga ujicoba lagi, tetapi Shin Tae-Yong tidak memberikan banyak waktu istirahat bagi anak asuhnya. Pada Sabtu (12 September), Timnas U-19 langsung menjalani latihan lagi, meski memang dikurangi intensitasnya. 

 

You May Also Like

About the Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *