Perbandingan Bunga Kredivo Vs Ovo Paylater

Mau beli apa saja sekarang jadi makin mudah. Apalagi dengan berbagai penawaran dari aplikasi pinjaman tunai seperti Kredivo. Selain itu ada juga aplikasi fintech dompet digital yang juga menawarkan produk pay later. 

Ovo PayLater bisa digunakan tidak hanya di aplikasi Grab saja, tetapi juga bisa digunakan untuk belanja di Tokopedia. Lalu apa ya kira-kira perbedaannya dibandingkan dengan Kredivo yang juga bisa digunakan di Tokopedia. Supaya lebih jelas, coba yuk kita bandingkan kelebihannya masing-masing.

Perbandingan Bunga Ovo Paylater vs Kredivo

Tren pay later memang mulai hype sejak muncul di aplikasi ojek daring seperti Gojek dan Grab. Namun, pada dasarnya fitur tersebut sudah lama dikenalkan oleh beberapa aplikasi pinjaman tunai seperti Kredivo. Kamu bisa belanja sekarang tapi bayarnya nanti. 

Nah, bagi pengguna akun basic, bisa belanja sekarang bayar bulan depan tanpa bunga sama sekali lho. Ini salah satu yang ditawarkan oleh Kredivo. Sedangkan dengan menggunakan Ovo Paylater dikenai bunga sebesar 2,9% per bulan dengan masa pinjaman 3 sampai dengan 12 bulan.

Jika ingin lebih pas, kita bisa membandingkan fitur cicilan dari Kredivo juga dengan bunga sebesar 2,6% per bulan untuk belanja online. Coba kita lihat saja perbandingannya berikut ini

OVO Paylater Kredivo
Pinjaman Tunai 3 Bulan Rp1.000.000 Rp1.000.000
Bunga 2.9% 2.6%
Bunga yang dibayarkan per bulan Rp29.000 Rp26.000

Dari skema tersebut memang ada perbedaan yang tipis sekali antara bunga pinjaman Kredivo dengan OVO Paylater. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk belanja online di Tokopedia, tetapi untuk OVO hanya di beberapa marketplace terbatas saja. Berbeda dengan Kredivo yang sudah bekerja sama dengan 350+ merchant lebih baik online maupun offline.

Syarat pendaftaran OVO Paylater vs Kredivo

Tidak semua pengguna aplikasi OVO akan mendapatkan fitur OVO paylater. Fitur tersebut akan diberikan kepada member berdasarkan histori transaksinya. Semakin banyak transaksinya akan semakin tinggi mendapatkan peluang mendapatkan fitur OVO paylater di aplikasinya.

Untuk pengguna Tokopedia, Ovo Paylater bisa diaktifkan jika sudah berumur minimal 6 bulan. Untuk meningkatkan akun dari basic ke primer pun dibutuhkan identitas resmi berupa KTP dan foto selfie diri untuk persyaratan verifikasi. Pengguna basic akan secara otomatis mendapatkan kredit limit sebesar Rp1 juta sementara jika diupgrade ke akun primer akan mendapatkan kredit limit hingga Rp10 juta.

Lalu persyaratan untuk menjadi member Kredivo harus berstatus WNI dibuktikan dengan KTP, berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Bagi pengguna basic diberikan limit sampai dengan Rp3 juta dengan bunga 0% untuk tenor maksimal 30 hari. Bedanya dengan akun premium, diberikan limit sampai dengan Rp30 juta dengan tenor maksimal 12 bulan untuk belanja online dan pinjaman tunai maksimal 6 bulan. 

Denda keterlambatan OVO Paylater vs Kredivo

Informasi denda keterlambatan pinjaman OVO Paylater perlu juga kamu perhatikan ya. Denda jika kamu terlambat melakukan pembayaran akan dikenakan sebesar 0,1% per hari. Nah tinggal dikalikan saja berapa hari terlambatnya lalu dikalikan dengan jumlah total utang yang belum dibayarkan.

Sementara untuk Kredivo akan dikenakan bunga keterlambatan sebesar 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan sebesar 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang sudah lewat jatuh tempo. Nah, jadi perlu diperhatikan lagi ya ketika melakukan pinjaman tunai ataupun belanja dengan fitur paylater, pastikan tidak terlambat membayarkan tagihannya. Jika terlambat tentu konsekuensinya akan dikenai denda sesuai dengan perjanjian. 

Sebagai informasi lagi bahwa Kredivo saat ini sudah bisa digunakan untuk belanja offline di beberapa merchant favorit kamu seperti McD, Erafone, Best Denki, Electronic City, IKA serta 350+ merchant lainnya di Indonesia. Sehingga jangkauannya lebih luas baik online maupun offline.

Semoga dari artikel ini kamu bisa menimbang-nimbang bunga pinjaman yang paling menguntungkan bagi konsumen saat ingin memanfaatkan paylater baik dari Ovo maupun dari Kredivo dengan bijaksana. 

 

You May Also Like

About the Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *