Ternyata Inilah Beberapa Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai makanan pokok, tentu saja beras menjadi kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, beras itu sendiri dapat diolah menjadi nasi yang merupakan sumber karbohidrat dan sangat penting bagi tubuh. 

Akan tetapi, kebanyakan masyarakat kita lebih sering mengonsumsi beras putih ketimbang beras merah. Padahal, beras merah ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho. Lantas, manfaat apa sajakah yang akan kita dapatkan setelah mengonsumsi beras merah? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat dan harga beras merah bagi kesehatan tubuh, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat pertama dari mengonsumsi beras merah bagi kesehatan tubuh, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol. Ya, hal itu dikarenakan beras merah mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga efektif untuk menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Bukan hanya itu, kandungan serat tersebut juga akan membuat perut kita kenyang dalam waktu yang lama. 

  1. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Selain mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, ternyata beras merah juga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes lho. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, beras merah mempunyai indeks gula yang rendah, sehingga sangat baik dalam membantu program diet. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, beras merah mampu mengatur kadar gula darah serta produksi insulin dalam tubuh. Itu sebabnya, mengapa nasi merah ini merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, beras merah ini dapat menyediakan energy untuk mengoptimalkan manfaat kesehatan tubuh. 

  1. Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan dari hasil penelitian, nasi merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Ya, kandungan nutrisi tersebutlah yang berfungsi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, sehingga tubuhmu tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Disamping itu, beras merah juga memiliki kandungan zinc yang berperan sebagai antioksidan, sehingga berguna untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel dan jaringan tubuh. 

  1. Mampu Mencegah Penyakit Kanker

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit kanker itu sendiri disebabkan oleh radikal bebas yang merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh. Menurut para peneliti, beras merah kaya akan kandungan nutrisi yang dapat mencegah berbagai jenis kanker. Hal itu juga tidak terlepas dari kandungan zinc yang berperan sebagai antioksidan, sehingga berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

  1. Dapat Memelihara Kesehatan Tulang

Guna memeihara kesehatan tulang, tentu saja tubuh kita membutuhkan asupan kalsium dan magnesium. Nah, beras merah inilah yang kaya akan kandungan kalsium dan magnesium, sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi beras merah, tentunya kamu akan terhindar dari masalah osteoporosis (keropos pada tulang).

  1. Menjaga Keseimbangan Produksi Sel Darah Merah dan DNA

Manfaat berikutnya dari mengonsumsi beras merah untuk kesehatan tubuh, yakni dapat menjaga keseimbangan produksi sel darah merah dan DNA. Pasalnya, satu porsi nasi merah dapat memenuhi 23% kebutuhan arian dari vitamin B6/ Ya, jumlah tersebut memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena dapat menjalankan fungsi organ dengan baik, yang otomatis akan menyeimbangkan produksi sel darah merah dan DNA. 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *