Yuk Latihan Soal SBMPTN Soshum di Ruangbelajar dan Pembahasannya

Yeay selangkah lagi kamu bisa meraih PTN yang kamu idamkan. Kalau kamu mengikuti seleksi SBMPTN siswa siswi bisa mengambil jurusan saintek, soshum ataupun campuran. Artikel ini akan membahas soal SBMPTN Soshum ya. Jadi, Soshum merupakan singkatan dari Sosial dan Humaniora yang biasa kita kenal dengan “kelompok IPS”. Jurusan yang terdapat dalam kelompok Soshum adalah Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sastra dan Hubungan Internasional.

Kamu tidak perlu khwatir untuk dapat mempelajari soal SBMPTN Soshum, kamu bisa gunakan aplikasi Ruangbelajar. Jadi, aplikasi Ruangbelajar adalah bimbel online yang berfokus pada dunia pendidikan. Materi yang disajikan dijamin nggak buat kamu boring, karena di Ruangbelajar ini berupa video beranimasi. Untuk mengukur kemampuan kamu, di Ruangbelajar juga menyediakan latihan soal dan pembahasannya. Waw keren ya.

Supaya kamu lebih yakin lagi untuk mengambil jurusan soshum. Berikut ada beberapa soal SBMPTN Soshum  dan pembahasannya yang bisa kamu pelajari juga ya:

  1. Pada awal pendirian ASEAN, beberapa negara di kawasan Asia Tenggara ini meragukan efektivitasnya organisasi regional di kawasan ini. Negara yang paling gigih mengupayakan berdirinya ASEAN adalah.. (soal SBMPTN Soshum Sejarah 2018)
  2. Singapura
  3. Malaysia
  4. Thailand
  5. Indonesia

Jawaban: D

Pembahasan: ketika banyak organisasi-organisasi di kawasan Asia Tenggara yang berdiri sebelum ASEAN gagal untuk menyatukan bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara yang palih gigih untuk mendirikan suatu organisasi yang mempererat jalinan kerjasama antar negara di Asia Tenggara yaitu ASEAN, apalagi sejak datangnya bahaya laten komunis menuju kawasan Asia Tenggara.

  • Ketika Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara meningkat, di negara tersebut sedang terjadi.. (soal SBMPTN Soshum Ekonomi 2018)
  • Kenaikan pendapatan dan kenaikan pengeluaran
  • Kenaikan pendapatan dan kenaikan tabungan
  • Kenaikan pendapatan, namun pengeluaran dapat naik atau turun
  • Kenaikan tabungan, namun pendapatan dapat naik atau turun

Jawaban: A

Pembahasan: PDB suatu negara dapat meningkat ketika pendapatan naik dan pengeluaran naik, karena PDB dapat di hitung melalui 3 pendekatan:

  • Produksi 🡪 dihitung nilai akhir suatu barang
  • Pendapatan 🡪 dihitung pendapatan pemilik faktor produksi
  • Pengeluaran 🡪 dihitung pengeluaran pelaku ekonomi
  • Salah satu faktor yang mendorong pemerintah pendudukan Jepang membubarkan Poetra dan mendirikan Jawa Hokokai adalah.. (soal SBMPTN Soshum Sejarah 2018)
  • Para pemimpin bangsa Indonesia memanfaatkan Poetra untuk mendorong munculnya rasa kebangsaan
  • Para pemimpin Poetra tidak mau melakukan Seikerei
  • Organisasi Poetra dianggap sebagai lambang seluruh aliran pergerakan nasional
  • Para pemimpi Poetra menjalin kerjasama dengan kelompok Islam

Jawaban : A

Pembahasan: Putera (Pusat Tenaga Rakyat) yang dipimpin oleh 4 serangkai dibubarkan oleh Jepang karena disinyalir Putera diguanakan sebagai sarana untuk menyebarkan faham kebangsaan di kalangan rakyat Indonesia

Dari 3 soal SBMPTN Soshum diatas, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan Soshum? Apapun pilihan jurusan yang kamu pilih nanti, jangan lupa ya untuk selalu belajar melalui aplikasi Ruangbelajar. Disamping lengkap semua mata pelajaran ada, di Ruangbelajar kamu bisa banyak berlatih soal untuk menghadapi SBMPTN nanti. Semangat!

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *