Kelebihan Dan Kelemahan Pedagang Yang Mangkal Atau Berjualan Di Kios

Banyak cara dilakukan pedagang untuk menjajakan barang dagangannya. Biasanya seorang pedagang menjajakan barang dagangannya dengan menggunakan gerobak atau tanggungan. Juga ada yang menggunakan sepeda. Keuntungan pedagang yang menggunakan sepeda ini adalah lebih cepat sampai ke tempat tujuan untuk berjualan dan juga mungkin tidak akan terlalu cape jika dibandingkan dengan yang berjualan dengan mendorong gerobak dan dengan tanggungan.

Pedagang yang menggunakan gerobak akan merasa cape di kaki dan lelah di badannya karena harus mendorong gerobak untuk berjualan. Sedangkan pedagang yang menggunakan tanggungan  juga akan merasa bahunya sakit dan lelah karena seharian menanggung beratnya beban dari tanggungan dan barang jualannya. Sesuai dengan perkembangan zaman banyak pedagang yang menjual barang dagangannya dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti motor dan mobil.

Pedagang yang menggunakan motor atau mobil tentu tidak akan terlalu banyak memakai tenaga untuk berjualan karena menggunakan mesin dari kendaaran yang digunakannya untuk berkeliling jualan. Sehingga pedagang ini tidak akan terlalu cape dan juga cakupan kawasan jualannya juga akan lebih luas karena dengan menggunakan kendaraan bermotor ini akan lebih cepat sampai. Lalu bagaimana dengan pedagang yang mangkal atau berjualan di kios? Berikut akan saya uraikan kelebihan dan kelemahan pedagang yang mangkal yaitu :

  1. Kelebihan

Pedagang yang mangkal atau yang berjualan di kios ini tentunya tidak usah susah payah berjalan berkeliling untuk mencari pembeli. Pedagang ini juga tidak akan kepanasan atau kehujanan saat berjualan. Sehingga pedagang ini tentunya akan tidak terlalu memakai energinya untuk berjualan karena diam di tempat. Biasanya di kios jualannya ini pedagang membuat tempat usahanya itu senyaman mungkin misal dengan memasang TV dan Radio sehingga pedagang ataupun pembelinya bisa sambil bersantai ria menonton TV atau mendengarkan radio. Atau juga ada beberapa pedagang yang memasang kipas angina sehingga saat cuaca panas pedagang dan pembeli ini tidak kepanasan.

  1. Kekurangan

Biasanya kios yang digunakan untuk berjualan ini disewa sehingga pedagang harus menyisihkan dari penghasilannya berjualan itu untuk membayar sewa. Biasanya uang sewa ini kalau tidak bulanan atau tahunan. Jika jualannya ramai dan laris mungkin tidak akan menjadi masalah untuk pedagang tapi jika jualannya sepi maka pedagang harus memutar otak mencari cara bagaimana agar uang sewa kios nya dapat terbayar.

Itulah kelebihan dan kelemahan jika pedagang berjualan mangkal atau berjualan di kios. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Lai Karomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *