Jurnal Cara Menghitung Kandungan Ethanol

Etanol adalah salah satu substansi hasil metabolisme karbohidrat yang multifungsi. Etanol saat ini telah menjadi salah satu primadona bioteknologi internasional karena potensi besarnya sebagai bahan bakar alternatif terbaik saat ini (untuk membaca artikel lain tentang bioenergi alternatif, klik disini).

Bagaimanapun juga, produksi dari berbagai bahan baku yang banyak dikembangkan dewasa ini membutuhkan metode pengukuran convertion rate dengan akurasi tinggi.

Pengukuran convertion rate tersebut dapat dilakukan dengan cara menghitung etanol sebagai produk atau produk sampingan dari sistem fermentasi yang sedang di riset (Al-Mhanna, 2011).

Berikut kami rangkumkan beberapa metode pengukuran kandungan bioethanol beserta kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, juga kami cantumkan jurnal bioethanol pdf yang dapat Anda download gratis.
.

Pengukuran Kadar Bioethanol Dengan pH Sensor

Dasar Teori Pengukuran Kadar Bioethanol Dengan Sensor pH

Prinsip dasar dari metode ini adalah mengukur kadar alkohol (bioetanol) berdasarkan perubahan keasaman yang diakibatkan oleh aktivitas enzim alkohol dehidrogenase yang mengoksidasi bioethanol menjadi asetaldehid berdasarkan reaksi berikut.

Gambar reaksi oksidasi alkohol menjadi asetaldehid

Gambar reaksi oksidasi alkohol (ethanol) menjadi asetaldehid

Prosedur Pengukuran

Prosedur pengukuran dengan metode ini dapat Anda baca dan pahami langsung pada jurnal bioethanol berikut.

Download (PDF, 312KB)

Pengukuran Kadar Bioethanol Dengan Metode Spekroskopi Raman

Dasar Teori

Pengukuran ini didasarkan oleh pergerakan tidak elastis foton yang dipancarkan spektrofotometer melalui berbagai molekul. Spektrofotometer raman dapat digunakan untuk mengukur kadar zat dengan baik. Termasuk mengukur kadar bioethanol dalam sampel hasil fermentasi.

Prosedur dan Jurnal

Berikut jurnal lengkap prosedur tersebut.

Download (PDF, 655KB)

 

Demnikian artikel review jurnal cara mengukur kandungan bioethanol ini. Jumlah jurnal dan artikel yang direview akan kami tambah apabila ditemukan metode lain atau metode yang lebih baru.

You May Also Like

About the Author: mba lay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *