9 Barang Yang Sebaiknya Tidak Dibeli di Online Shop Biasa

Meskipun sangat bermanfaat bagi manusia, keberadaan online shop tetap memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan toko yang bisa dilihat secara nyata. Untuk beberapa jenis benda, akan sangat beresiko jika membeli secara online. Minimal, Anda harus ekstra hati – hati dalam memesan benda – benda tersebut.

  • Gadget

Meskipun memiliki spesifikasi yang sudah jelas, membeli gadget secara online dan tidak melalui toko resmi akan snagat beresiko. Beberapa toko “nakal” sengaja menjual barang rebuild atau rakitan sehingga kualitasnya jauh lebih rendah dari aslinya.

Baca Juga : Tata Ulang Furniture: Buat Suasana Baru Tanpa Budget Tinggi

  • Barang Branded

Barang branded terutama yang impor akan sangat beresiko jika dibeli secara online. Selain harganya yang mahal, biasanya Anda tidak akan bisa melihat detailnya sebelum membeli. Hal ini jelas bisa membuka celah amat besar untuk penjual curang.

  • Obat

Belilah obat di dokter yang sudah jelas memiliki surat izin. Karena obat adalah benda yang berkaitan dengan hidup matinya seseorang, maka jangan sampai Anda gegabah dengan membelinya secara online.

  • Peralatan Elektronik

Adakalanya peralatan elektronik membutuhkan perawatan ekstra sebelum laku. Jika seseorang menjadi reseller produk elektronik yang sudah lama disimpan dan tidak diberi perlakuan sesuai prosedur pabrik, bisa jadi masalah akan terjadi setelah pembelian.

Artikel Lainnya : 3 Extension Chrome untuk Tambahkan Integrasi Cloud di PC/Laptop

  • Hewan Peliharaan

Hati – hati dengan pembelian hewan peliharaan secara online. Hewan yang tidak divaksin secara benar bisa menularkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membeli hewan peliharaan di toko hewan yang bekerjasama dengan dokter hewan terpercaya.

  • Kendaraan

Jika suatu saat kendaraan yang dibeli secara online bermasalah, maka tidak aka nada layanan servisnya seperti jika Anda membeli di dealer. Jadi, akan sangat bijaksana bila Anda membeli kendaraan di dealer resmi yang bisa mempertanggungjawabkan kerusakan non – pengunaan.

  • Furniture

Beberapa toko online yang menjual furniture tidak menjelaskan secara detail tentang barang dan kekuatannya. Jika Anda membeli furniture secara online, maka akan banyak kemungkinan furniture tersebut tidak cocok dengan keinginan, karena penjual hanya “asal comot” gambar untuk memikat konsumen.

  • Kosmetik Racikan

Saat ini banyak fenomena kosmetik racikan yang mengandung merkuri sehingga menyebabkan kanker. Sebaiknya, belilah kosmetik kemasan produksi pabrik jika ingin melakukan transaksi secara online.

  • Barang Secondhand

Bahkan jika Anda membeli barang secondhand secara langsung, resiko menyesal setelah pembelian masih bisa terjadi. Apalagi jika secara online. Karena bagaimanapun juga barang secondhand sudah pernah digunakan sebelumnya dan Anda tidak tahu bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukan benda tersebut, apapun itu.

Itulah beberapa barang yang sebaiknya tidak Anda beli di berbagai online shop. Kendati demikian, jika Anda membelinya di toko online terpercaya seperti blibli.com tentu hal tersebut tidak jadi masalah. Pasalnya selain aman, nyaman, juga terdapat berbagai garansi yang bisa Anda dapatkan jika sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *