3 Extension Chrome untuk Tambahkan Integrasi Cloud di PC/Laptop

Bisa dibilang saat ini layanan cloud storage bukna merupakan hal yang asing lagi. Dengannya, Anda dapat dengan mudah menyimpan berbagai file penting yang nantinya dapat diakses dimanapun dan kapanpun asalkan terdapat koneksi internet. Bisa dibilahg Dropbox merupakan layanan yang menjadi pelopor, dan saat ini pun jumlah layanan cloud storage semakin banyak.

Untuk rnendukung hal tersebut, tentunya akan lebih efisien jika browser langsung terintegrasi dengan layanan cloud storage ketimbang Anda harus mengaksesnya secara konvensional melalui tab. Pada Google Chrome, terdapat beberapa pilihan, tetapi inilah 3 extension chrome yang paling bermanfaat. Anda dapat mendownloadnya melalui Chrome Web Store.

  1. Download to Dropbox

Dropbox memiliki sebuah extension untuk Chrome, tetapi memanglah tidak resmi. Walaupun begitu tetap bermanfaat. Extension tersebut bernama Download to Dropbox, yang akan menambahkan ikon ke bar menu dengan tampilan sebuah boks yang terbuka dengan tanda panah di atasnya.

Extension ini memungkinkan Anda untuk mendownload file langsung ke akun Dropbox, alih-alih ke dalam hard disk. Sebaliknya, Anda juga dapat melakukan upload file ke Dropbox. Selain itu Anda dapat mengakses opsi lebih lanjut dengan mengklik Tools>Extensions pada menu Chrome Settings. Di dalamnya tedapat opsi untuk memilih folder di Dropbox yang akan menyimpan hasil download. Ada juga opsi untuk mengubah akun Dropbox, yang berguna jika Anda memiliki akun lebih dari satu. Oya, Anda harus memberikan hak akses untuk setiap akun yang dimiliki.

  1. Save to Google Drive

Selain Dropbox, layanan cloud lain yang populer adalah Google Drive. Saat ini siapa sih yang tidak memiliki akun Google? Dengannya Anda dapat mengakses semua produk Google mulai Gmail, YouTube, Android, hingga Drive. Dengan tingginya para pengguna perangkat Android, maka secara tidak langsung para pengakses Drive juga semakin banyak.

Tidak seperti extension untuk Dropbox, Save to Google Drive memiliki konsep yang berbeda. Pertama, extension ini dibuat secara resmi oleh pihak Google. Kedua, alih-alih menampilkan ikon pada bar menu, extension ini menambahkan opsi pada menu klik kanan. Opsi tambahan dapat diakses melalui halaman pengaturan extension. Secara default, pengaturan dibuat untuk menyimpan halaman web

  1. Cloud Save

Tidak seperti kedua extension sebelumnya, Cloud Save tidak hanya terfokus pada satu layanan cloud saja, tetapi rnendukung beberapa sekaligus, termasuk Dropbox dan Google Drive. Di sini Anda dapat mengirim file ke layanan lain seperti Amazon, Box, SkyDrive dan lainnya. Bahkan dapat menyimpan foto juga ke layanan gambar seperti Picasa dan Flickr.
Anda dapat melakukan pengaturan layanan cloud mana saja yang nantinya dapat digunakan. Jika sudah maka extension chrome ini dapat diakses melalui klik kanan, dilanjutkan memilih layanan mana yang akan digunakan untuk menyimpan file.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *