Mengenal Antum

Bagi sebagian orang kata antum mungkin masih sangat aneh untuk diucapkan, namun bagi sebagian lainnya kata ini sangat familiar. Karena mereka sering mengucapkan kata antum dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh para ikhwah kita, saat di majelis ilmu maupun ditempat lain mereka sering mengatakan “antum”.
” Bagaimana kabar antum ?
” Kemarin antum kemana ? dan lain sebagainya.
Lalu, apa arti kata antum itu ? antum dalam bahasa arab artinya adalah kalian untuk 2 orang lebih. 
  • Anta untuk satu orang laki-laki
  • Antumaa untuk 2 orang laki-laki
  • Antum untuk 2 orang lebih laki-laki

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa saat kita berjumpa dengan kawan sebaya atau yang lebih tua, kata antum yang terucap oleh lisan kita ?

Kenapa tidak kata anta saja ? toh, dalam kaidah bahasa arab yang benar adalah kata anta. 
Pertanyaan yang semacam ini pernah kami tanyakan kepada guru kami Ustadz Muhammad Syahputra, Lc (Pengajar di Ma’had Darul Huda, Surabaya). Beliau menjelaskan bahwa memanggil seseorang dengan kata anta tentu sangat baik dan itu sesuai maknanya, yakni untuk satu orang. Kemudian beliau hafidzahullah memberi contoh tentang kata yang mengandung dhomir antum, yaitu kum. 
Beliau mengambil contoh salam yang biasanya kita ucapkan “Assalaamu ‘Alaikum”. Apakah kata kum itu bisa diganti dengan “ka” untuk satu orang ? tentu jawabnya bisa.
Apakah “ka” bisa digunakan untuk banyak orang ? tentu jawabnya tidak bisa. Lalu, jika kita menggunakan kata “kum” untuk banyak orang apakah bisa ? tentu jawabnya bisa. Dan apakah bisa untuk satu orang ? jawabnya juga bisa.
Lalu, beliau memberikan penjelasan bahwa kata “kum” dalam salam adalah sebuah penghormatan. Jadi, ketika ada seseorang yang mengucapkan kata antum/assalaamu alaikum itu adalah sebuah penghormatan. 
  • Dhomir (kata ganti) terbagi 2 yaitu, dhomir munfasil (berpisah) dan muttasil (bersambung).
  • Dhomir (kata ganti) muttasil anta adalah ka, sedangkan dhomir muttasil antum adalah kum.

Bahasa arab memanglah bahasa yang luar biasa, jika kita mempelajarinya sudah pasti kita akan ngeh dengan makna yang terkandung didalamnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi antum, terima kasih.

Penulis : Leo Setiawan
Seseorang yang masih butuh akan ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *