Meminta Nasihat Sebelum Berwirausaha

Meminta nasihat dalam kehidupan adalah hal yang lumrah, karena kita tidak bisa mengetahui apa yang kita lakukan itu baik atau benar tanpa nasihat. Begitupula sebelum seseorang ingin terjun dalam dunia bisnis, ia harus meminta beberapa nasihat yang mungkin bisa ia jadikan dasar dalam berusaha dan tentunya menjadi penyemangat bagi seseorang yang hendak berwirausaha.
Kami telah merangkum beberapa petuah yang diberikan oleh orang yang sudah sukses terlebih dahulu dalam dunia usaha untuk orang yang hendak memulai usahanya :
  • Pengusaha A : Kalau mau usaha itu intinya harus ada niat mas. Kalau tidak ada niat, kita ya gak usaha-usaha.
  • Pengusaha B : Usaha itu yang penting actionnya mas. Kalau gak ada action, sampean gak akan mulai-mulai. (hampir sama dengan pengusaha A)
  • Pengusaha C : Usaha itu yang penting punya keahlian. Kalau sampean punya keahlian Insyaa Allah enak mas jalaninya.
  • Pengusaha D : Usaha itu harus ada modal mas, kalau gak ada modal kita mau gimana.
  • Pengusaha E : Saya bisa jadi wirausaha seperti sekarang ini karena kepepet mas, dari situlah saya mulai berusaha.
  • Pengusaha F : Kalau mau usaha nikah dulu, kalau bujang mau usaha itu sulit. Pasti uang selalu habis, beda kalau udah nikah. Kalau udah nikah kamu pasti sungguh-sungguh.

Jika anda membaca pesan pengusaha A sampai F, maka pasti anda akan bingung untuk memilih yang mana. Tidak usah bingung, ya tinggal kita rangkum saja.

Intinya usaha itu harus ada niat, action, modal, skill dan tentunya jangan tergesa-gesa. Bila anda saat ini masih jadi karyawan ya jangan keluar, hanya karena ingin berwirausaha. Karena berwirausaha harus mempunyai mental yang kuat dan tentunya bagi para pemuda, sudah saatnya kita berwirausaha. Karena diwaktu muda inilah kita harus berjuang dengan gigih untuk menciptakan generasi pemuda yang tidak membawa amplop kesana kemari membawa lamaran kerja. Artikel ini sebagai nasihat bagi diri saya pribadi dan untuk pembaca sekalian, semoga bermanfaat.
Penulis : Leo Setiawan
————————————————-
  • Nama para pengusaha dari A – F, kami tidak tayangkan.
  • Para pengusaha dari A – F orang dekat yang kami kenal, yang kami dipertemukan oleh islam. Mereka semua berdomisili di surabaya dan sidoarjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *