Memang Harus Ngontrak

Beberapa hari kemarin saya mendengarkan ceramah dari Ustadz Dr. Khalid Basalamah hafidzahullah. Beliau ditanya mengenai seseorang yang sudah menikah dan ia masih bertempat tinggal bersama mertuanya, bahkan sang penanya ini (laki-laki) sering pulang telat alias malam hari. Dan terkadang sang penanya mampir di kajian Ustadz Khalid terlebih dahulu, sehingga semakin larutlah ia pulang ke rumah. Alhasil sang mertua pun marah-marah kepada si penanya.
Lalu, Ustadz Khalid memberi jawaban kurang lebihnya adalah menyarankan si penanya untuk mencari tempat tinggal sendiri alias kost atau ngontrak rumah.
Dan memiliki tempat tinggal sendiri (kost/ngontrak) setelah menikah juga pernah disampaikan oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafidzahullah. Anda bisa simak videonya dibagian bawah.
Dan memang sebuah fakta, apabila seseorang yang sudah menikah. Namun tetap/masih tinggal bersama orang tua, akan terjadi sedikit gesekan. Entah sang menantu yang bangun tidurnya siang, atau sang menantu yang hanya makan saja tanpa memberi uang kepada sang mertua. Banyak sekali hal yang akan terjadi, bila masih ikut orang tua.
Walaupun begitu adanya orang tua adalah orang yang sangat menyayangi anaknya, mereka tidak ingin membuat anaknya susah. Mereka jauh akan sakit bila anaknya terlunta-lunta diluar sana. Dan sudah menjadi keharusan bagi seorang suami untuk menyediakan tempat tinggal untuk sang istri, karena ia sudah mengambil sang anak dari orang tuanya dan dia wajib menanggung seluruh kebutuhan dari sang istri.
Alhasil artikel ini adalah nasihat bagi saya pribadi dan untuk kaum muslimin, untuk mereka yang belum menikah maupun mereka yang sudah menikah. Kalau sudah menikah memang harus ngontrak/kost. Semoga bermanfaat.

Penulis : Leo Setiawan
————————————————————-

  • Judul ceramah Ustadz Khalid adalah Dosa Besar ke 6 : Durhaka Kepada Kedua Orang Tua
  • Nasihat dari Ustadz Abdul Hakim mengenai bertempat tinggal sendiri (ngontrak/kost) setelah menikah di mulia menit 6:51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *