Wirausaha

Gambar Dari freestockphotos.biz

Wirausaha bagi sebagian orang adalah suatu hal yang menakutkan, suatu hal yang belum pasti dan suatu hal yang banyak resiko. ya … kita harus wajar wong namanya saja wirausaha, seseorang yang berusaha. Berusaha untuk membangun sesuatu dan mendapatkan sesuatu. Menjadi wirausaha sukses tentu impian semua orang, namun telah menjadi ketetapan Allah Azza Wa Jalla bahwa tidak setiap yang bermimpi dapat mewujudkan impiannya menjadi kenyataan.
Di sisi lain, banyak orang yang bercita-cita besar dengan impian luar biasa, namun tidak mengetahui cara mewujudkannya. Entah itu tidak memiliki ilmu, tidak adanya action. Dan di sisi lain ada orang yang melakukan action serta memiliki ilmu, namun juga gagal. Terus bagaimana ? apa yang harus dilakukan jika seperti ini ?
Sebab-sebab inilah yang terkadang membuat seseorang enggan untuk memulai bisnis, karena didalamnya terdapat begitu banyak tanda tanya. Dan apa yang terjadi kalau seperti ini ? tentulah yang tadinya memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan cita-citanya akhirnya mundur secara tertib dan teratur, impian yang sudah ada di depan mata hilang tak tersisa. Pada intinya semua berhak untuk sukses, berhak untuk menjadi pengusaha. Namun pada akhirnya yang bertahan adalah yang memiliki tekad, semangat dan perwujudan yang ia lakukan untuk menggapai cita-citanya tersebut. Wirausaha adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia, namun masih sepi peminat di karenakan banyaknya ketidak jelasan didalamnya. Wirausaha itu harus berani, wirausaha itu keren, wirausaha itu adalah :
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
Sebaik- baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia.
( HR. Ahmad, ath Thabrani, ad-Daruquthni. hadits dihasankan oleh syaikh albani di shahihul jami’ no 3289 ).
Dengan niat yang benar dan tidak hanya mengejar materi duniawi saja, mari mulai langkahkan diri kita menuju dunia usaha. Kita bantu kaum muslimin yang sedang membutuhkan pertolongan kita, apalagi pada akhir-akhir ini banyak pengangguran dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Akhir kata semoga makin banyak wirausaha muslim ahlussunnah wal jama’ah yang lahir.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *